Fredy’s

Tiada Guna Ilmu yang Kau Miliki Jika Kau Melupakan Orang yang Membutuhkan Bantuanmu dan Semakin Tiada Guna Ilmu itu Jika Kau Melupakan Sang Penciptamu.

Aplikasi Chatting Untuk Ponsel

Posted by Fredy_As pada 19 Mei 2009

Instant Messaging (IM) alias chatting cukup popular di kalangan pengguna ponsel dan PC. Lyanan pesan teks instant berbasis jaringan internet ini bahkan seringkali jadi tonggak awal bagi penikmat teknologi selular untuk mencicipi dunia maya. Beberapa diantaranya yaitu IRC, Yahoo Messenger (YM) dan MSN Messenger.

Bersosialisasi lewat layanan chatting di ponsel pun bisa menjadi keasyikan tersendiri. Tak sekedar memperoleh banyak teman serta info baru, tapi biaya yang dikeluarkan pun terhitung sangat murah. Jauh berbeda dengan beban tariff yang dikenakan bila memakai layanan sms operator.

Wajar saja mengingat tariff chatting hanya berdasarkan kapasitas data yang di upload/download selama koneksi internet. Sebagai gambaran, tariff GPRS operator rata-rata Rp.5/kb. Bahkan ada yang cuma sebesar Rp.1/kb.

Banyak aplikasi chatting untuk ponsel ditawarkan pihak pengembang di pasaran. Meskipun mayoritas gratis, tak semuanya pas dengan selera. Pasalnya, ada yang terkesan ‘njlimet’ dalam proses instalasi maupun pemakaiannya.

Dibawah ini ada beberapa aplikasi chatting menarik yang bisa jadi pilihan yang kesemuanya dapat didownload GRATIS.
Pintar-pintarlah memilih, serta sesuaikan dengan selera dan kompatibilitas ponsel anda.

eBuddy
Tampilan aplikasi ini sederhana namun menarik, paduan warna latarnya atraktif, dengan ikon-ikon full warna yang tak kalah apik. eBuddy ini bisa mengalokasikan hasil foto kamera ponsel menjadi avatar display. Gambar foto pun bisa langsung dikirimkan ke teman chat.

Aplikasi ini kompatbiel dengan layanan IM: MSN, Yahoo!, AIM, ICQ, Google Talk and Facebook. Platformnya java (J2ME), yang kompatibel di hampir semua ponsel berteknologi java. Termasuk pula BlackBerry.
Download aplikasi di http://get.ebuddy.com atau http://m.ebuddy.com. atau bisa juga dari wap.getjar.com.

Nimbuzz
Sedikit berbeda dengan eBuddy, Nimbuzz memiliki beberapa fitur yang terbilang lebih canggih. Selain mengakomodasi pemngiriman pesan teks instant, layanan ini bias dipakai melakukan panggilan internasional sesame pengguna. Fasilitas ini optimal untuk ponsel Symbian maupun Windows Mobile.

Untuk chatting, Nimbuzzmenyediakan ‘Buzz’ layaknya di YM messenger PC. Berkirim foto, file, voice pun bisa. Juga dilengkapi kemampuan berbagi lokasi dengan teman chat. Nimbuzz juga menyediakan fitur phonebook untuk membackup daftar kontak.
Download aplikasi di http://www.nimbuzz.com/en/mobile/ atau quickdownload di wap.getjar.com, dengan kode download 26137.

YehBa
Aplikasi chatting ini terbilang baru. Namun kemajuannya terukur pesat, dimana fasilitasnya makin lengkap. YehBa memiliki versi java (J2ME) dan symbian. Untuk versi java bisa didownload di http://m.yehba.com/files/YB_2.0.jar, atau pula di wap.getjar.com, via fasilitas quickdownload dengan kode 6433.

Beberapa fiturnya yakni mendukung mobile blogging, antarmuka intuitif dan user friendly dan minim bandwith. Jadi tak banyak menyedot data. Untuk memulainya, set ‘add IM’ dengan profile yahoo, bila di inginkan memakai yahoo messenger.

Mxit v5.7.2
Aplikasi ini memiliki panduan bahasa Indonesia saat proses download-nya. Jadi memudahkan calon penggunanya. Mxit berinteraksi dengan banyak platform chatting online lain, seperti MSN messenger, ICQ, AOL messenger, dan Jabber. Kelebihan Mxit dibanding dengan aplikasi messenger yang lain yakni lebih sedikit dalam akses transfer filenya. Alhasil biaya lebih murah.
Download aplikasi di www.mxit.com/wap.

shMessenger
Aplikasi ini sementara masih optimal untuk mendukung layanan Yahoo!Messenger. tentu saja selain layanan shMessenger sendiri. Terlihat dari dukungan MSN dan GoogleTalk yang masih bersifat beta. Disitusnya aplikasi ini terdiri dari macam-macam versi, yang cipta sesuai keypad. Ada numeric keypad, full keyboard, Sagem keypad, Motorola OS dan Windows OS.
Fasilitas yang disediakan diantaranya emoticon (smiley), avatar foto untuk display dan lainnya. Download aplikasi di http://www.sshmessenger.ro/wap.

Migg33 v4.0
Aplikasi chatting asal negeri kangguru ini tercatat popular sebagai aplikasi chat mobile. Fasilitas yang disediakannya tak jauh beda dengan aplikasi messenger lain. Selain kemudahan dalam melakukan mobile chat, aplikasi mig33 bisa dipakai berbagai foto kamera (file photo sharing) atau pun Volp dengan teman chat. Termasuk layanan email dan telepon internet.
Layanan IM yang didukungnya yaitu MSN, Yahoo!, GoogleTalk dan AIM. Mig33 dapat di download di alamat web: http://www.mig33.com/download.jsp atau dalam versi mobile: wap.mig33.com, langsung dari ponsel.

Slick
Aplikasi instant messenger kreasi Lonely Cat Games ini mendukung protocol ICQ, Yahoo, AIM, MSN, GoogleTalk, Jabber. Fasilitas yang disediakan yakni teks messaging, emoticon, tanda peringatan (alert: suara, backlight, getar, pop up), grup dan bermacam lainnya. Untuk berkirim-terima file, download file (link) pun bisa. Jadi fungsinya kompleks, tak sekedar untuk ngobrol (chat) teks semata.

Aplikasi ini sementara tersedia untuk ponsel ber-OS Symbian dan Windows Mobile. Download di http://www.lonelycatgames.com.

EQO
Selain menyediakan fasilitas pesan teks instant, aplikasi ini bisa dipakai bertelepon murah via Volp. Aplikasi ini mendukung IM favorit seperti MSN, AIM, Yahoo!, GoogleTalk, ICQ, Jabber, QQ.
Kelebihan lain dari EQO yakni bisa dipakai untuk multiple chat. Juga, mampu memperlihatkan phonebook kontak/teman chat yang online dalam satu hamparan layar. EQO bisa di download di wap.getjar.com >> quickdownload, dengan kode download 32315.

Morange V v5.0
Aplikasi ini merupakan versi ‘lanjutan’ dari Morange v5.0. tampilan antarmukanya ekstra menarik. Selain menyajikan fasilitas teks messaging, Morange V menyuguhkan pula fitur social networking, mobile photo sharing, mobile sayings,dan prakiraan cuaca (global weather). Jadi akun facebook bisa pula di sinkronkan dengan aplikasi ini. Termasuk pula fitur push email dan web surfing. Aplikasi java (J2ME) ini dapat di download langsung dari ponsel di alamat wap.getjar.com >>quickdownload, dengan kode download 30381.

Menarik bukan aplikasi-aplikasi chatting diatas, selamat mencoba.
Have Fun!!

Ref: Dikutip dari Tabloid Pulsa

3 Tanggapan to “Aplikasi Chatting Untuk Ponsel”

  1. ROHMAN said

    MAS CARANYA BUAT IMEL GIMANA SIH?

  2. Fredy_As said

    Browse ke Yahoo atau Gmail, trus sign up/ daftar account, trus ikuti panduannya.

  3. abdel said

    bagaimana ya caranya berhenti tau log out yahoo mail pada blackberry?trima kasih jawabannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: