Fredy’s

Tiada Guna Ilmu yang Kau Miliki Jika Kau Melupakan Orang yang Membutuhkan Bantuanmu dan Semakin Tiada Guna Ilmu itu Jika Kau Melupakan Sang Penciptamu.

NETSH (Network Shell)

Posted by Fredy_As pada 9 Desember 2009

Fasilitas Hebat Windows untuk Admin Jaringan (NETSH)

Command line yang powerful bukan hanya dimiliki oleh Linux, Windows juga memiliki sebuah fasilitas command line yang hebat. Fasilitas ini memungkinkan Anda mengadministrasi PC, terutama keperluan jaringannya dengan lebih cepat. Tidak perlu klik sana-sini, buka window ini itu, tinggal ketikkan saja perintahnya dengan menggunakan tool Netsh. Praktis, powerful, dan sangat bermanfaat untuk berbagai kepentingan.

1. Buka Netsh
Perintah Netsh kali pertama disertakan dalam Windows 2000 Server Resource Kit. Kini fasilitas ini telah dijadikan sebagai fasilitas standar pada Windows XP dan Windows Server 2003. Netsh memungkinkan Anda melakukan perubahan dan pemantauan konfigurasi jaringan PC hanya melalui command line. Cukup banyak yang dapat dilakukan oleh fasilitas yang juga disertai dengan sistem penolong (help) yang cukup rapi ini. Untuk membukanya ada dua cara, pertama klik Start|Run, ketikkan perintah “Netsh” dan dengan sendirinya window Netsh akan terbuka dan muncul lambang Netsh>. Cara kedua adalah dengan mengetikkan perintah netsh langsung di DOS promp.

2. Melihat Konfigurasi Jaringan
Kegiatan yang paling sering dilakukan oleh para pengguna komputer yang banyak bermain dengan jaringan, mungkin adalah melihat konfigurasi jaringan pada PC yang akan digunakannya. Untuk dapat melihatnya, banyak alternatif yang disediakan Windows. Namun jika mau cepat tanpa harus klik sana-sini, Anda dapat menggunakan perintah Netsh. Di command line Netsh ketikkan saja perintah “interface ip show config”, atau jika Anda berada di DOS Promp, ketikkan saja langsung “Netsh interface ip show config”. Seketika itu juga Anda akan mendapatkan informasi lengkap mengenai pengaturan IP pada PC Anda tersebut.

3. Mengubah Konfigurasi IP
Mengubah IP kartu jaringan agar dapat terkoneksi dengan jaringan sekitarnya memang cukup merepotkan. Anda harus masuk ke properti kartu jaringan, masuk ke menu Internet Protocol (TCP/IP), barulah menu pengaturan alamat IP beserta pernak-pernik lainnya terlihat. Mengubahnya dengan frekuensi yang cukup sering tentu akan menjengkelkan juga. Dengan menggunakan perintah Netsh, Anda hanya perlu sekali ketik perintah saja untuk mengubah konfigurasinya. Perintahnya di dalam promp Netsh adalah “interface IP set address “” ”. Sedangkan untuk mengeksekusi lewat DOS promp, tambahkan perintah “Netsh” di depan perintah di atas.

4. Cara Cepat Aktifkan DHCP
Jika Anda tergabung dalam jaringan yang memiliki sebuah DHCP server, lebih baik mengatur PC Anda sebagai DHCP client agar tidak pusing mengatur-atur IP. Untuk mengaktifkannya secara cepat dengan Netsh, Anda tinggal mengetikkan perintah “interface IP set address “” dhcp” pada promp Netsh Anda. Seketika itu juga Anda akan mendapatkan konfigurasi jaringan Anda terkonfigurasi sebagai DHCP client dan siap menerima IP dari DHCP server.

5. Ganti DNS Server dengan Mudah
Selain mengganti alamat IP untuk PC Anda, mengganti alamat IP untuk DNS server-nya juga pasti akan sering dilakukan. Pengaturannya tentu sama merepotkan dengan pengaturan alamat IP karena memang terletak di dalam lokasi yang sama. Untuk itu, gunakan juga Netsh dengan mengetikkan perintah “interface IP set dns “” static ”. Seketika itu juga DNS server Anda akan berubah dan kebutuhan penamaan untuk PC Anda kembali berjalan lancar.

6. DNS Server Dinamik
Jika Anda tidak ingin direpotkan dengan menghafal alamat-alamat IP DNS yang akan digunakan atau Anda tidak tahu alamat IP DNS server pada jaringan Anda, mengaturnya menjadi menggunakan sistem dinamik memang sebuah langkah yang tepat. Apalagi jika didukung dengan adanya DHCP server yang memberikan alamat DNS dinamik. Untuk pengaturan cepatnya, Anda tinggal mengetikkan perintah “interface IP set dns “” dhcp”. Setelah selesai, Anda akan mendapatkan pengaturan dinamik untuk DNS server yang akan digunakan.

7. Konfigurasi WINS Server
Untuk memudahkan sistem penamaan pada jaringan Anda, biasanya digunakan sistem penamaan dalam jaringan lokal. Untuk itu, sistem WINS sering digunakan dalam menyediakan keperluan ini. Mengatur alamat IP yang bertugas sebagai WINS server ternyata memang lebih sulit dibandingkan melakukan konfigurasi alamat IP, karena menu pengaturannya tersembunyi cukup dalam di properti dari Internet Protocol (TCP/IP). Untuk memasukkan alamat IP WINS server dengan cepat, perintah Netsh “interface IP set wins “” static ”, dapat Anda gunakan. Setelah mengetikkan perintah di atas, Anda tidak perlu lagi membuka properti kartu jaringan Anda dalam-dalam.

8. Menyimpan Konfigurasi Jaringan
Konfigurasi jaringan yang sering berubah-ubah tentu akan sangat merepotkan. Alamat IP yang Anda gunakan di kantor berbeda dengan yang digunakan di rumah misalnya. Bolak-balik Anda harus menggantinya. Untuk lebih memudahkan pekerjaan mengganti konfigurasi, mengapa tidak disimpan saja konfigurasi yang sering Anda gunakan. Untuk itu, Anda bisa mengandalkan perintah Netsh. Ketikkan perintah Netsh pada DOS promp, bukan pada Netsh promp. Ketikkan perintah “Netsh interface dump > configrumah.dat”, untuk menyimpan konfigurasi jaringan di rumah Anda misalnya. Untuk menyimpan konfigurasi jaringan kantor, tinggal ganti saja nama file .dat nya. File tersebut akan tersimpan rapi bersama konfigurasi jaringan Anda di dalamnya.

9. Mengembalikan Konfigurasi Jaringan
Setelah disimpan, tentu ada saatnya konfigurasi tersebut kembali ingin digunakan. Untuk mengembalikan konfigurasi jaringan seperti yang telah tersimpan di file .dat yang dibuat, perintah Netsh perlu diketikkan lagi. Ketikkan kembali perintah Netsh ini pada DOS promp Anda, bukan pada Netsh promp. Perintah pengembaliannya adalah sebagai berikut “Netsh exec configrumah.dat”. Sesaat setelah menekan enter, Anda akan mendapatkan alamat IP beserta pernak-perniknya yang biasa digunakan di rumah kembali terpasang pada kartu jaringan Anda. Sungguh sangat menghemat waktu, bukan?

10. Aktifkan OSPF dan RIP
Netsh memang sangat powerful sehingga melalui command line-nya, Anda dapat dengan mudah mengubah PC Anda menjadi sebuah router yang dapat menjalankan routing protocol. Routing protocol-nya adalah RIP dan OSPF yang dapat diaktifkan dengan menggunakan Netsh. Untuk menggunakan routing protocol ini, ketikkan perintah pada Netsh promp, “routing IP ”. Untuk dapat menjalankan sebuah routing protocol, Anda diharuskan menginstalnya terlebih dahulu melalui perintah “routing IP install”. Selanjutnya untuk administrasi Anda bisa menggunakan bantuan helper-nya untuk mengetahui perintah yang ada. Perintah administrasinya cukup lengkap.

11. Diagnostik Konfigurasi Jaringan
Anda juga dapat melakukan diagnostik jaringan dengan mudah, bahkan Anda dapat menjalankan GUI untuk keperluan diagnostik ini. GUI diagnostik yang merupakan fasilitas standar dari Windows ini dapat dijalankan dengan mengetikkan sebuah perintah saja, Anda tidak perlu mencarinya ke sana-ke mari. Untuk mendapatkan GUI-nya, cukup ketikkan “diag gui” pada Netsh promp. Maka sebuah window akan terbuka dan Anda dapat melakukan scanning dari sana. Hasil scanning dari GUI ini cukup lengkap dan informatif. Anda dapat mengetahui semua konfigurasi jaringan dalam seketika itu juga.

Majalah PC MEDIA

2 Tanggapan to “NETSH (Network Shell)”

  1. beepee said

    Sip gan,, saya jadi tambah ilmu, bisa tukeran link gan?

  2. Fredy_As said

    Boleh, silahkan…
    Trim’s kunjungannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: