Fredy’s

Tiada Guna Ilmu yang Kau Miliki Jika Kau Melupakan Orang yang Membutuhkan Bantuanmu dan Semakin Tiada Guna Ilmu itu Jika Kau Melupakan Sang Penciptamu.

Angkat Kinerja Android

Posted by Fredy_As pada 29 Juli 2011

Angkat Kinerja Android!

 

Problem :

Sebagai sebuah perangkat cerdas, ponsel maupun tablet Android akan mengalami penurunan kinerja setelah lama digunakan. Sejumlah memori yang digunakan untuk melakukan kerja ponsel lama-lama akan terisi penuh hingga menyebabkan sistem lama merespon sebuah perintah.

 

Solusi :

Banyak cara untuk mengatasinya, tapi secara garis besar bisa dibedakan menjadi dua, yakni By Default dan By Aplikasi (Third Party Software).

  1. a.     By Default
    1. Nonaktifkan notifikasi yang tidak penting. Caranya harus disesuaikan dengan perangkat yang digunakan. Pada tablet Huawei seri IDEOS S7 misalnya, kita tinggal mengakses opsi di sudut kanan atas (berlogo ‘i’) yang akan berkedip jika ada notifikasi baru.
    2. Matikan proses yang sedang tidak digunakan. Dengan cara masuk ke pengaturan, pilih aplikasi dan manajemen aplikasi. Disana biasanya ada kelompok-kelompok seperti aplikasi yang diunduh, yang terdapat dikartu memori, yang sedang berjalan, dan sebagainya. Tergantung dari perangkat yang kita gunakan. Pilih salah satu aplikasi yang sedang berjalan. Akan ada beberapa opsi seperti Force Stop (Paksa Matikan), atau Clear Data jika aplikasi yang dipilih adalah Browser. Namun ingat, beberapa fitur tidak dapat dimatikan karena dapat menyebabkan ketidaksetabilan perangkat.

 

  1. b.     By Aplikasi

Android Market bukan hanya menyediakan game alias software untuk bersenang-senang saja, namun juga berbagai aplikasi berguna yang bisa kita manfaatkan untuk mengangkat kinerja perangkat. Diantaranya, adalah :

 

  1. 1.    Advanced Task Killer

Aplikasi ini dapat dikatakan cukup sederhana karena begitu kita masuk kedalamnya, akan langsung terlihat aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan. Tinggal ditandai mana yang ingin dimatikan, pilih “KILL selected apps” dan beres!. Aplikasi ini juga dapat diatur untuk auto start.

Developer     : ReChild

Versi               : 1.9.6B76

Kapasitas     : 98.68 KB

  1. 2.    App 2 SD

Salah satu alasan ponsel berjalan lambat adalah terlalu banyak aplikasi yang terinstal di memori internalnya. Jika kita memiliki kartu memori berkapasitas besar, sedang perangkat yang kita gunakan belum bisa menginstal secara otomatis dimemori eksternal, gunakan saja aplikasi buatan Sum Lu ini. Pindahkan aplikasi-aplikasi yang terinstal di perangkat, namun dengan catatan Android yang digunakan minimal sudah Froyo alias versi 2.2.

Developer    : Sam Lu

Versi              : 2.11

Kapasitas    : 225 KB

 

  1. 3.    10 apps in 1

Memiliki 10 alat dalam satu aplikasi mungkin bisa menjadi solusi bagi mereka yang tak mau ribet dengan mencari dan menginstal banyak aplikasi dari Market. ipop memberi solusi dengan aplikasi yang menggabungkan 10 alat dalam 4 katalog yang berbeda : Informasi (Memori/CPU dan informasi baterai), Aplikasi (Installer, Uninstaller, App2SD, dan pembersih chace), Penghemat Baterai (Task Killer dan pengaturan penggunaan daya), serta Lainya (File Manager dan SafeGuard).

Developer   : ipop

Versi              : 2.0.3

Kapasitas    : 0.92 MB

 

 

Sumber : Majalah Mobile Guide

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: